Tips Gunakan Minyak Goreng yang Sehat

By utmbdgco 27 June 2024
Photo by Collab Media on Unsplash
Photo by Collab Media on Unsplash

Saat memasak dengan minyak goreng, kamu tidak harus memilih antara rasa dan kesehatan. Namun, perlu diingat bahwa semakin sedikit menggunakan minyak maka akan lebih banyak kualitas kesehatan yang dirasakan. Ini adalah salah satu cara menggunakan minyak dengan cara yang sehat.

Cara mengolah makanan yang paling sering dilakukan adalah menggoreng dan menumis. Penggunaan minyak goreng sehari-hari memang tidak bisa dihindari. Tahukah kamu, memasak dengan menggunakan minyak goreng yang terlalu banyak dan sering sebenarnya tidak baik untuk kesehatan.

Nah, berikut beberapa cara menggunakan minyak goreng yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tips Sehat Menggunakan Minyak Goreng

Melansir dari American Heart Foundation, berikut ini aturan menggunakan minyak goreng agar tetap mempertahankan makanan sehat:

1.Hindari Memanaskan Minyak Goreng dengan Suhu Terlalu Tinggi

Temperatur saat menggoreng harus tepat. Bila minyak belum panas tapi makanan sudah dimasukkan, akan menyebabkan makanan terlalu banyak menyerap minyak. Sedangkan bila terlalu panas, makanan juga menjadi cepat gosong sementara bagian dalamnya mungkin masih belum matang. Selain itu, gunakan minyak secukupnya, agar senyawa yang terbentuk dari pemanasan tidak terlalu banyak.

2.Tiriskan Makanan Setelah Digoreng

Setelah digoreng, ada baiknya makanan ditiriskan dulu dan serap minyak dengan menggunakan tisu kertas untuk mengurangi kelebihan minyak.

3.Ganti Minyak Baru

Idealnya penggunaan minyak goreng hanya sekali saja dengan suhu di bawah 120 derajat Celsius. Namun, minyak goreng sebenarnya masih bisa digunakan hingga tiga kali. Hindari menggunakan minyak yang sama berkali-kali.

Sebab, minyak yang semakin sering dipanaskan dapat mengalami kerusakan karena adanya oksidasi yang membuat makanan menjadi bau. Sebaiknya ganti minyak dengan yang baru bila:

  • Minyak berubah warna menjadi kecokelatan bahkan menghitam.
  • Minyak mengeluarkan bau yang sangat kuat, apalagi sampai tengik.
  • Minyak mengeluarkan asap berlebih bahkan pada suhu normal.
  • Muncul buih berlebihan di sekitar makanan yang sedang digoreng.

4.Simpan Minyak dengan Baik

Simpan minyak dalam wadah tertutup, tidak terkena cahaya, dan di tempat yang sejuk agar kandungan pada minyak tidak mengalami perubahan.

5. Gunakan Takaran Minyak saat Menggunakannya

Kamu bisa saja menggunakan lebih banyak minyak dari yang dibutuhkan. Terlalu banyak menggunakan minyak dapat menambah kalori dan memengaruhi selera makan. Sebaiknya gunakan sendok pengukur takaran minyak, sehingga kamu bisa menggunakan minyak sesuai yang dibutuhkan.

“https://www.halodoc.com/artikel/5-tips-gunakan-minyak-goreng-yang-sehat”